Pages

Welcome to My Blog!! :) It's About Everything that I known for you... ;)

Sabtu, 31 Agustus 2013

Cara Tomcat Berkembang Biak



Kumbang Paederus fuscipes atau Tomcat berkembang biak di dalam tanah dan tempat-tempat yang lembap, seperti galengan atau pematang sawah, tepi sungai, daerah berawa dan hutan. Telurnya diletakkan di dalam tanah, begitu pula larva dan pupanya yang juga hidup dalam tanah. 



"Setelah dewasa (menjadi kumbang) barulah serangga ini keluar dari dalam tanah dan hidup pada tajuk tanaman," kata guru besar Entomologi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Aunu Rauf, M.Sc kepada Tempo, Selasa, 20 Maret 2012.




Siklus hidup kumbang dari sejak telur diletakkan hingga menjadi kumbang dewasa sekitar 18 hari, dengan perincian stadium telur 4 hari, larva 9 hari, dan pupa 5 hari. Kumbang dapat hidup hingga 3 bulan. Seekor kumbang betina dapat meletakkan telur sebanyak 100 butir telur.




"Kumbang Paederus fuscipes tergolong serangga predator yang makan pada serangga lain. Kumbang ini banyak dijumpai di sawah, dan merupakan musuh alami dari hama-hama padi," katanya.




Pada siang hari, kumbang tomcat aktif berjalan cepat menyusuri rumpun padi untuk mencari mangsanya yang berupa hama-hama padi, termasuk hama wereng cokelat. Kumbang tomcat juga bisa ditemukan di pertanaman kedelai, jagung, kapas, tebu dan sejenisnya.




"Jadi sebetulnya kumbang tomcat ini adalah serangga yang bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi," jelas Guru Besar Entnomologi IPB ini.




Namun, Tomcat saat ini juga menyerang manusia, seperti yang terjadi pada warga kompleks apartemen di Surabaya. Kemungkinan pemukiman itu dibangun di lokasi perkembangbiakan binatang ini. Di sisi lain, populasi kumbang meningkat menjelang berakhirnya musim hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar