Pages

Welcome to My Blog!! :) It's About Everything that I known for you... ;)

Minggu, 19 Januari 2014

"Memahami Makna Kalimat yang Berhubungan Dengan Keamanan Sistem"

Assalamu’alaikum...
Hello Guys! :D

Sebagai pembuka, aku mau curhat dikit yaa.. :D Kalian harus menjadi pembaca setia ya Guys (maksa).. :p
Jadi gini, Guys.. Aku dapat tugas dari guru TIK yang paling seru dan gokil disekolah (ngrayu) .. :D
Menurutku, tugasnya itu simple sih, tapi lumayan susah.. Karena kita harus benar-benar berusaha memahami makna dari kedua kalimat berikut ini :
Yang Pertama  : “Semakin tidak aman, Semakin nyaman"
Yang Kedua     : “A computer  is secure if you can depend on it and its software to behave as you expect”.

Kenapa aku menganggapnya susah?? Karena kedua kalimat sederhana itu memiliki makna yang bisa dijabarkan secara luas. Bahkan setiap orang dapat memiliki makna berbeda dari kalimat tersebut. Aku pun juga awalnya merasa asing dan bingung dengan kalimat-kalimat diatas. Aku mencoba mencari maknanya dari beberapa referensi di internet, setelah itu  aku berusaha mencerna kalimat” yang ada, dan akhirnya aku menyusun serangkaian kalimat yang menjelaskan makna dari kedua kalimat itu.

Okay Guys, itu sedikit curhat dariku (padahal banyak).. :D
Now, Let’s read my explanation about it! ;)


    Yang pertama, aku akan mencoba menjelaskan makna dari kalimat “Semakin tidak aman, Semakin nyaman". Menurutku, kalimat tersebut berlaku dalam berbagai bidang kehidupan dan dapat ditinjau dari sudut pandang berbeda. Hanya saja, kebanyakan dari kita tidak memahami dan tidak menyadari makna dari kalimat itu, sehingga kita sering salah dalam memandang maupun menempatkan diri. Contoh yang paling sederhana dapat dilihat dari kehidupan sosial di lingkungan keluarga. Dalam ruang lingkup keluarga, pasti akan ada suatu masalah yang merubah keadaan dan situasi dalam keluarga tersebut. Misalnya saja, adanya pertengkaran antara adik dan kakak. Saat mereka memiliki konflik, mereka akan berusaha mencari berbagai cara agar mereka selalu terlihat benar di depan orang tua mereka. Mereka akan saling menuduh dan saling menyalahkan satu sama lain agar mendapatkan pembelaan. Hal itu tentu saja membuat mereka merasa nyaman, namun cara yang mereka lakukan merupakan cara yang salah. Saling menuduh satu sama lain akan membuat mereka berada pada posisi yang tidak aman, karena mereka akan mendapatkan balasan yang mungkin lebih mengancam dirinya. Hal ini juga berlaku pada posisi antar teman. Semakin kita mencari masalah dan membicarakan keburukannya, maka semakin dia akan membenci kita. Hal itu akan membuat kita berada pada posisi yang tidak aman, meskipun kita merasa nyaman dengan tindakan yang kita lakukan itu.
    Dalam dunia politik, kalimat itu memiliki makna yang sedikit berbeda. Hal ini dapat dilihat dari 2 sudut pandang. Pertama, dari sudut pandang persaingan antar partai politik. Seperti yang kita ketahui, berbagai partai politik selalu berusaha keras untuk bersaing. Mereka menyiapkan taktik agar partai mereka menjadi partai nomor satu di mata masyarakat. Misalnya ada partai politik A dan B. Saat itu kedudukan Parpol A di atas Parpol B. Masyarakat lebih menunjukkan rasa simpatinya untuk Parpol A. Hal itu tentu membuat kedudukan Parpol B menjadi tidak aman. Akan tetapi Parpol B merasa nyaman, karena dia akan berusaha untuk menyaingi Parpol A tanpa ada rasa khawatir. Sementara Parpol A justru merasa tidak nyaman, karena mereka harus berusaha keras dan memikirkan segala macam cara untuk menghadapi perlawanan dari parpol B. Kedua, dari sudut pandang para koruptor. Mereka berusaha menghalalkan segala cara agar mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan. Keadaan mereka yang tidak aman telah mereka sadari, namun karena mereka merasa nyaman dengan keuntungan yang didapatkan, maka mereka akan tetap berusaha bertahan untuk berada pada keadaan yang tidak aman itu.
    Makna kalimat tersebut juga sangat berhubungan erat dengan dunia teknologi. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun juga semakin maju. Tanpa kita sadari, bahwa semakin canggihnya teknologi, semakin banyak pula ancaman. Fasilitas-fasilitas lengkap yang kita dapatkan dari teknologi modern saat ini membuat kita merasa nyaman, karena hampir semua kebutuhan kita dapat terpenuhi oleh fasilitas itu. Namun, kebanyakan dari kita hanya menggunakan fasilitas lengkap yang ada tanpa mempelajari cara-cara untuk menghindari ancaman yang menyerang privasi kita. Seharusnya, kita berusaha mengenal terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus dihindari beserta cara pencegahannya, apabila terjadi suatu masalah ketika menggunakan suatu alat teknologi. Karena semakin nyamannya suatu alat yang kita gunakan, pasti terselubung banyak ancaman yang membuat keadaan menjadi tidak aman. Oleh karena itu, kita harus memikirkan keamanan untuk mengatasi berbagai ancaman dari suatu alat, sebelum kita memutuskan untuk menggunakannya. Disini, alat bukan hanya berbentuk benda, namun juga dapat diartikan sebagai suatu media/wadah dimana kita menyimpan suatu privasi penting di dalamnya. Seperti jejaring sosial, penggunaan ATM, maupun penyimpanan data penting di laptop dan hp yang melibatkan kata sandi.


    Next, penjelasan makna dari kalimat kedua yang berbunyi A computer  is secure if you can depend on it and its software to behave as you expect”. Kalimat itu merupakan kalimat Garfinkel dan Spafford, yang memiliki arti, “Sebuah komputer dikatakan aman apabila kita dapat mengandalkan komputer tersebut beserta perangkat lunaknya untuk bekerja seperti yang kita harapkan”.
  Berdasarkan artinya, sudah tampak jelas maksud dari kalimat itu. Kita seharusnya berusaha memahami secara rinci suatu perangkat/alat yang akan atau sedang kita gunakan. Dalam hal ini, kita tidak hanya menggunakan alat/perangkat tersebut untuk sekedar membuat puas dan membantu menyelesaikan pekerjaan kita. Namun, kita juga harus berusaha menjaga keamanan perangkat/alat tersebut agar tetap terjaga keamanannya, sehingga hasil yang kita dapatkan sesuai harapan kita. Jadi, kita harus benar-benar memahami berbagai hal tentang perangkat/alat yang kita miliki, agar kita dapat menghindari terjadinya hal buruk, sehingga kita juga dapat mengatasinya.

Okay.. I think this is the last for my opinion.. :)
I hope this post can be useful for anyone who read it .. ;)
Thanks and Goodbye... :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar